Badan Riset dan Inovasi Nasional
07-11-2022
12-08-2024
8af19ad4-eec9-4aa6-a6ac-f095add2d61a
PPKn sebagai pendidikan nilai moral memerlukan seperangkat nilai sebagai materi ...
widyaiswara, Url Metadata : https://datasektoral.baliprov.go.id/view/metadata?la...
widyaiswara, Url Metadata : https://datasektoral.baliprov.go.id/view/metadata?la...
Jumlah keluarga yang mendapatkan pelayanan dasar melalui pendekatan keluarga
Jumlah keluarga yang mendapatkan pelayanan dasar melalui pendekatan keluarga
INFORMASI: Data berikut ini masih dalam proses pemenuhan Prinsip SDI.
IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) PADA PEMBELAJARAN PKn DI SEKOLAH DASAR
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa melalui pengimplementasian pendekatan pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) pada pembelajaran PKn di kelas IV B SD Inpres Pampang I Makassar. Penelitian melibatkan satu kelas sebagai subjek penelitian yang diberi perlakuan, tanpa ada kelas pembanding. Sebelum dan setelah perlakuan penerapan pendekatan pembelajaran VCT, subjek diberi tes tertulis. Hasil tes dibandingkan untuk mengetahui dampak penerapan pendekatan pembelajaran VCT terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, dilakukan observasi terhadap aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil observasi awal terkait pembelajaran PKn di SD Inpres Pampang I Makassar, terungkap bahwa pembelajaran masih menerapkan metode ceramah, guru mendominasi pembelajaran, sedangkan siswa cenderung pasif, siswa hanya mendengarkan dan mencatat materi pelajaran yang dijelaskan guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengimplementasian pendekatan pembelajaran VCT dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Penerapan pendekatan ini memberi pengaruh positif terhadap kemampuan menyampaikan gagasan atau ide, terbangun hubungan kerjasama antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran, adanya kebebasan menyampaikan perasaan siswa terkait solusi yang diberikan terhadap suatu masalah yang dihadapinya serta menumbuhkan tanggung jawab siswa.