SDI Logo
Organization
Kabupaten Nias Selatan

Badan Riset dan Inovasi Nasional

Informasi Dataset

07-11-2022

12-08-2024

8af19ad4-eec9-4aa6-a6ac-f095add2d61a

Dataset Serupa
MATERI PEMBELAJARAN PPKn BERBASIS NILAI LOKAL: IDENTIFIKASI DAN IMPLEMENTASI

PPKn sebagai pendidikan nilai moral memerlukan seperangkat nilai sebagai materi ...

Data Profil/Demografi Widyaswara pada Pelatihan Dasar CPNS, Pelatihan Kepemimpin...

widyaiswara, Url Metadata : https://datasektoral.baliprov.go.id/view/metadata?la...

Data Profil/Demografi Widyaswara pada Pelatihan Dasar CPNS, Pelatihan Kepemimpin...

widyaiswara, Url Metadata : https://datasektoral.baliprov.go.id/view/metadata?la...

keluarga yang mendapatkan pelayanan dasar melalui pendekatan keluarga

Jumlah keluarga yang mendapatkan pelayanan dasar melalui pendekatan keluarga

keluarga yang mendapatkan pelayanan dasar melalui pendekatan keluarga

Jumlah keluarga yang mendapatkan pelayanan dasar melalui pendekatan keluarga

INFORMASI: Data berikut ini masih dalam proses pemenuhan Prinsip SDI.

IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) PADA PEMBELAJARAN PKn DI SEKOLAH DASAR

Terbatas

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa melalui pengimplementasian pendekatan pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) pada pembelajaran PKn di kelas IV B SD Inpres Pampang I Makassar. Penelitian melibatkan satu kelas sebagai subjek penelitian yang diberi perlakuan, tanpa ada kelas pembanding. Sebelum dan setelah perlakuan penerapan pendekatan pembelajaran VCT, subjek diberi tes tertulis. Hasil tes dibandingkan untuk mengetahui dampak penerapan pendekatan pembelajaran VCT terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, dilakukan observasi terhadap aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil observasi awal terkait pembelajaran PKn di SD Inpres Pampang I Makassar, terungkap bahwa pembelajaran masih menerapkan metode ceramah, guru mendominasi pembelajaran, sedangkan siswa cenderung pasif, siswa hanya mendengarkan dan mencatat materi pelajaran yang dijelaskan guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengimplementasian pendekatan pembelajaran VCT dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Penerapan pendekatan ini memberi pengaruh positif terhadap kemampuan menyampaikan gagasan atau ide, terbangun hubungan kerjasama antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran, adanya kebebasan menyampaikan perasaan siswa terkait solusi yang diberikan terhadap suatu masalah yang dihadapinya serta menumbuhkan tanggung jawab siswa.

Data and Resources

Metadata

Version
Produsen Data
Email Produsen Data
Walidata
Email Walidata
Periode Data
Akses Data
Kode Daftar Data
Kode Indikator MMS
Kode Standar Data
Satuan
Ukuran
Jenis Data
Kategori
Data Prioritas
Kriteria Prioritas
Indikator Prioritas
Kode Metadata Kegiatan