SDI Logo
Organization
Kabupaten Nias Selatan

Badan Riset dan Inovasi Nasional

Informasi Dataset

07-11-2022

13-08-2024

fb3e7da7-0824-4c81-84ef-15fae720a60d

Dataset Serupa
Analisa Kegagalan Komponen Top Bracket excavator

Top bracket merupakan salah satu komponen pada unit excavator yang merupakan bag...

Analisa Kegagalan Komponen Front Axle Pada Kendaraan Bermotor Roda Empat

AbstrakKegagalan material berupa patahnya front axle bagian kanan dan bagian kir...

Analisa Struktur Mikro Pada Kegagalan Retak Komponen Kick Starter Hasil Proses T...

Telah terjadi kegagalan pada komponen kick starter kendaraan bermotor roda dua d...

Analisa Keretakan pada Komponen Camshaft

Camshaft merupakan salah satu komponen pada engine suatu kendaraan bermotor, kom...

Analisa Kegagalan Pada Corrosion Resistant Screw

Telah dilakukan analisis kerusakan pada Corrosion Resistant Screw berupa kerusak...

INFORMASI: Data berikut ini masih dalam proses pemenuhan Prinsip SDI.

Analisa Kegagalan Komponen Boom Top Pada Hydraulic Excavator

Terbatas

Telah terjadi kegagalan pada komponen boom top pada unit hydraulic excavator, komponen boom top terletak pada bagian atas boom berhubungan dengan komponen arm melalui arm melalui pin yang selanjutnya menggerakan grapple attachment melalui tenaga hidrolik dari aktuator yang terpasang pada boom dan arm. Kerusakan pada boom top terjadi pada saat operasi, kerusakan yang terjadi berupa patah (fracture). Serangkaian pengujian dilakukan terhadap komponen tersebut untuk mengetahui faktor penyebab kegagalan, meliputi: pengamatan visual atau fraktografi pada permukaan patahan, analisa komposisi kimia, pengujian mekanik, metalografi dan analisa kualitatif dengan SEM/EDX. Material komponen boom top yang mengalami kegagalan ini dapat dikategorikan sebagai baja karbon paduan rendah (Si-Mn) sesuai dengan standar JIS SCSiMn1H yang mengalami perlakuan panas (heat treatment) normalizing dengan pendinginan udara. Dari hasil analisa terhadap bidang patahan, menunjukkan terdapatnya area awal retakan (origin), perambatan retak (slow fracture zone) dan patahan beban lebih (rapid zone). Pada proses pengoperasian komponen boom top mengalami pembebanan silik dengan tegangan tarik dan tekan akibat pergerakan aktuator. Berdasarkan pengamatan, komponen mengalami patah membuat sudut 45, hal ini mengindikasikan terjadinya momen puntir yang berulang sehingga dapat mempercepat terjadinya kerusakan. CIri-ciri bidang patahan menunjukkan kegagalan adalah patah lelah atau fatik, penyebab awal patahan akibat inklusi oksida dari pasir ctak dan dari cover flux selama peleburan. Seminat Material Metalurgi 2009 ISSN: 2085-0492

Data and Resources

Metadata

Version
Produsen Data
Email Produsen Data
Walidata
Email Walidata
Periode Data
Akses Data
Kode Daftar Data
Kode Indikator MMS
Kode Standar Data
Satuan
Ukuran
Jenis Data
Kategori
Data Prioritas
Kriteria Prioritas
Indikator Prioritas
Kode Metadata Kegiatan